#Day1 Personality

Bandung, 1 April 2017,

9:26 PM , ditulis kala rintik hujan,

Hallo..

#Day1 about Personality,

Sebenarnya sih untuk topic ini aku udah tahu lama akan personality seperti apa yang ada pada diriku ini heheh

ESFP 

Pas nyoba ikutan tes-tes MBTI dari berbagai macam situs dan sumber, ternyata hasilnya tetap konsisten, yaitu EFPS (Extrovert, Sensing, Feeling dan  Perceiving)

Kalo pengertian dari kepribadian ESFP itu menurut  yang dari laman situs ini, Hasil MBTI ESFP

DIKENAL SEBAGAI

“The Performers” (Pemain) & “Performer” (Pemain)

PENJELASAN SINGKAT

Ramah, bersahabat, dan menerima. Sosok yang mencintai kehidupan, orang, dan kenyamanan materi. Senang bekerja dengan orang lain dalam menyelesaikan sesuatu. menggunakan akal sehat dan pendekatan realistis dalam pekerjaan, dan menjadikan pekerjaan sebagai sebuah kesenangan. Fleksibel dan spontan, beradaptasi dengan mudah ke orang-orang dan lingkungan baru . Cara belajar terbaik mereka adalah dengan mencoba keterampilan baru bersama orang lain.

CIRI-CIRI

  • Outgoing, easygoing, mudah berteman, bersahabat, sangat sosial, ramah, hangat, & menyenangkan.
  • Optimis, ceria, antusias, fun, menghibur, suka menjadi perhatian.
  • Punya interpersonal skill yang baik, murah hati, mudah simpatik dan mengenali perasaan orang lain. Menghindari konflik dan menjaga keharmonisan suatu hubungan.
  • Mengetahui apa yang terjadi di sekelilingnya dan ikut serta dalam kegiatan tersebut.
  • Sangat baik dalam keadaan yang membutuhkan common sense, tindakan cepat dan ketrampilan praktis.

 

SARAN PENGEMBANGAN

  • Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Belajarlah untuk fokus dan tidak mudah berubah-ubah terutama untuk hal yang penting.
  • Jangan menyenangkan semua orang. Begitu pula sebaliknya, tidak semua orang bisa menyenangkan Anda.
  • Belajarlah menghadapi kritik dan konflik. Jangan lari.
  • Anda punya kecenderungan meterialistis. Hati-hati, tidak semua hal bisa diukur dengan materi ataupun uang.

PROFESI YANG COCOK

Entertainer, Seniman, Marketing, Konselor, Designer, Tour Guide, Bidang Anak-anak, Bidang Hospitality

PARTNER ALAMI

ISTJ atau ISFJ

TOKOH TERKENAL DENGAN KEPRIBADIAN ESFP

  • Bill Clinton, U.S. President

  • Ronald Reagan, U.S. President

  • Bob Hope, actor

  • Marilyn Monroe, actress

  • Pablo Picasso, artist

  • Woody Harrelson, actor

  • Goldie Hawn, actress

  • Saint Mark, apostle

Nah, tapi satu hal yang harus diingat, bahwa hasil tes MBTI itu bukan diri kamu seratus persen ya guys, karena manusia itu pasti punya value dalam dirinya. Misalnya dari hasil tes MBTI aku adalah Extrovert, tapi itu tidak 100% aku orangnya Extrovert. Aku dulu pernah ukur kadar Extrovert dalam diri ku, bahwa aku 70% Extrovert dan 30% Introvert. Jadi sebenarnya hasil MBTI itu hanya menunjukan kamu lebih dominan yang mana, bukan kamu yang 100%. Kabarnya di dunia in juga tidak akan ada orang yang waras 100% Extrovert atau 100% Introvert, kalau itu terjadi, seharusnya kamu sekarang pasti sudah berada di RSJ 🙂

Mungkin di dalam keseharian aku terkesan orangnya Extrovert banget, kalau berbicara dengan orang bahkan orang yang baru dikenal sudah sangat terbuka, nah lagi – lagi guys, kita semua punya nilai value . Misalnya kalo buat aku itu ngobrol tentang pribadi aku dan bahkan tentang keluarga aku itu biasa aja, tapi belum tentu juga semua orang begitu. Lagi – lagi semuanya ada value –nya.

Di dalam diri aku kan masih ada 30% Introvert ya, nah itu tuh bisa aja keluar tiba-tiba. Misalnya aku jadi pendiam mendadak, menjauh dari semua orang, pergi kesbuah tempat untuk menyendiri dan bahkan tidak ingin diajak ngobrol oleh siapa pun.

Terus dengan tipe kepribadian Perceiving yang memiliki lawan dari  Judging.

Kalo dari aku pribadi sih selalu merasa bahwa, apa yang kita lakukan hari ini, besok itu  yang kita tuai. Jadi selalu menerima takdir gitu hahaha

Perceiving adalah mereka yang bersikap fleksibel, spontan, adaptif, dan bertindak secara acak untuk melihat beragam peluang yang muncul. Perubahan mendadak tidak masalah dan ketidakpastian membuat mereka bergairah. Bagus dalam menghadapi perubahan dan situasi mendadak.

Aku sih seringya bersikap seperti ini, peluang apa pun di depan mata, pasti aku ambil. Tapi waktu lagi ngerjain skripsi kemarin dan hasil psikotest ku tahun lalu. Bahwa ternyata, aku sangat membutuhkan juga sifat Judging yang memiliki langkah-langkah yang jelas dan pasti.

Judging diartikan sebagai tipe orang yang selalu bertumpu pada rencana yang sistematis, serta senantiasa berpikir dan bertindak teratur (tidak melompat-lompat). Mereka tidak suka hal-hal mendadak dan di luar perencanaan. Mereka ingin merencanakan pekerjaan dan mengikuti rencana itu. Mereka bagus dalam penjadwalan, penetapan struktur, dan perencanaan step by step.

Bagi aku pribadi, sifat  Perceiving itu adalah sesuatu yang menantang, karena itu semua penuh dengan ketidakpastian. Tapi dilain sisi aku juga butuh plan yang jelas dan sebuah keputsan/ goals yang jelas.

Jadi lagi-lagi semuanya ada nilai value-nya.

Tinggalkan Balasan

