Jenis dan fungsi Media Sosial

 
Twitter : dulunya buat stalking orang, sekarang lebih hits buat stalking berita karena Twitter punya kekuatan #hastag
Facebook: Buat cari informasi dan berita terbaru, plus kabar stalking foto2 terbaru yang baru diupload teman. Jangan lupa kekuatan FB adalah punya kekuatan invitation (undangan nikahan teman secara online via FB) atau reminder ulang tahun teman kita 🙂
Path: kemarin path lagi hits banget dengan #pathdaily, kalo dulu ketika kita buka profil path teman kita, maka akan muncul notif viewersnya, tapi untungnya sekarang sudah tidak, jadi makin lacar jaya untuk kepoing. Menurut saya kekuatan path itu jangkauan circle-nya yang tidak terlalu luas dan terbatas, jadi bisa lebih privasi.
Instagram: Tadi baru dengar di radio, kalau sebentar lagi Instagram akan memunculkan sejenis fitur tambahan, dimana fungsi fitur tersebut untuk mem-filter kata-kata dari yang tidak kita inginkan. Fitur ini berfungsi agar tidak terjadinya peb-bully-an seperti saat ini yang telah kita ketahui bersama bahwa banyak sekali orang-orang diluar sana hanya gara2 melakukan something dan di-posting di akun Instagram mereka lalu setalahnya terjadinya bullying. Semoga cepat diliris ya bang Mark Zuckerberg,dkk
udah tahu kan kalau sejak tahun 2010 instagram sudah dibeli oleh abang Facebook? 😀
Likedln: nah ini dia, salah satu applikasi yang menurut gue berguna banget dan kudu harus punya. Karena disana kita bukan hanya untuk mencari pekerjaan tapi juga bisa sekaligus nambah ilmu sis-bro.. tentang dunia profesionalitas kerja, kalian bisa pilih interest kalian, lalu nanti akan banyak muncul pilihan orng-orang terkena, ternama dan pastinya orang-orang tersebut punya semacam jabatan di company mereka, tadinya gue juga gak kenal dan bodo amat, tapi pas gue cooba kepoin profil nya, ada banyak banget yang bisa dipelajari dari mereka. Minusnya applikasi ini yaitu kalau kalian mau menggunakannya sebagai profesionalitas kudu bayar gais,, ada sih yang gratisan tapi ya seaadanya :D: D biasanya media sosial ini menjadi salah satu daya ukur HRD untuk menerima atau tidak calon karyawannya ☺
Tumblr: untuk fitur yang satu ini gue sering sebutnya, blog serba bisa. udah sekitar setahun yang lalu Tumblr memunculkan fitur baru yaitu: Personal message, kerena sebelumnya tidak ada 😀
Ask.Fm : pap dong kak, ka lagi sibuk apa? (anonim)
Yup! Ask.FM salah satu media sosial yang kita bisa dengan bebas nanya sama seseorang yang punya Ask.Fm juga dan keunggulannya kita bisa nanya tanpa diketahui oleh orang yang bersangkutan, karena kita bisa pilih fitur anonim, tapi sebenarnya di Ask.FM juga bisa diatur agar tidak ada pertanyaan anonim, dan itu kembalikan ke pemilik media sosial Ask.FM masing-masing hehe 😀
Perlu teman-teman tahu, sekrang di Ask.FM kita bisa lihat teman-teman kita mana yang sedang online dan mana yang tidak loh,, dan ini merupakan kemajuan buat Ask.FM 🙂
Line : Applikasi SMS yang menurut saya line itu kayak virus. Karena Line punya yang namanya timeline jadi berita apa pun bisa cepat banget nyebarnya.. kemarin-kemarin juga saya banyak melihat orang biasa-biasa mendadak jadi artis Line wwkwkw
keunggulannya menurut ssaya Line punya video call,homeline dan note dalam fiturnya.
Whatsapp : salah satu applikasi SMS juga tapi bedanya whatsapp tidak punya homeline dan fitur videocall. Keunggulan fitur ini lebih minimalis dan tidak terlallu banyak spam, apa lagi spam sticker ahhaha 😀
Flickr: masih ada yang pake Flickr gak sih? heheh ini applikasinya kurang lebih sama kayak instagram, cuma bedanya Flickr hanya bisa share foto aja, video belum bisa. Keunggulan dari Flickr menurut saya, pada applikasi ini kita bisa membuat album foto di dalamnya. Terakhir saya pakai applikasi ini pas SMA, udah lama banget heheh
Blogspot vs WordPress : nah loo… bedanya apa ya? saya sendiri juga belum nemun sih bedanya apa heheh
soalnya saya dulu pakai keduanya, tapi akhirnya saya lebih fokus dan lebih nyaman menggunakan yang wordpress sih, karena lebih minimalis
Pinterest: Ada yang tahu media sosial ini? emng agak kurang terkenal sih, tapi sumpah isinya gak kalah keren sama akun media sosial yang lain, pinterest salah satu applikasi dimna pada applikasi tersebut, kita bisa meng-share foto2 terbaik kita. kurang lebih sama kayak Flickr sih, cuma bedannya foto dalam applikasi ini bisa kita mengekelompokan foto-foto kita sesuai dengan tema yang kita inginkan.
 
Intinya adalah dari semua penjabaran saya di atas, kemajuan teknologi yang tidak bisa kita hindari dari segala macam kebutuhan kita saat ini. Dalam media sosial teman-teman punya hak untuk mengeposkan atau posting apa saja didalamnya, atau bahkan berkomentar apa saja. Tapi perlu diingat saat ini kita sedang menghadapai zaman ABCD dimana ‘Tulisan mu adalah Harimau mu’ , Banyak kasus yang mencuat di dunia realita hanya gara-gara mempostingkan komentar di dunia maya. Saran saya, berpendapat di media sosial boleh, tapi jangan terlalu berimajinasi. Ingat ini media sosial, dunia maya, dunia yang tidak nyata, yang terkadang juga isinya fake 90% dan real 10% ahahha 😀
Saya sendiri sebagai penikmat media sosial kadang sangat nyaman sekali apabila saat paket data saya habis. Karena saya tidak perlu selalu melihat ke handphone saya, dan saya juga bisa lebih quality time terhadap diri saya sendiri.
 
Oia, kenapa saya mendadak bikin tulisan seperti ini, soalnya saya lagi mengerjakan tugas akhir dan sangat berkaitan dengan media sosial, jadi selama ini saya hanya mengamati media sosial lalu di eksekusi di sidang akhir wkwkw 😀
 
Kalau teman-teman punya ide atau masukan hal-hal apa saja yang harus atau nggak dilakukan di media sosial jangan lupa komentarnya ☺
 
DSL
Dago,1 Agustus 2016
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s