Pengunaan Teknologi “Gadget” Pada Anak-anak

Penggunaan berbagai macam alat teknologi telah mewabahi masyarakat pada saat ini. Gadget merupakan suatu benda yang terdiri dari berbagai macam bentuk mulai dari Tab, Iphone, Ipod, Android, Black Berry, dll. Maraknya penguna teknologi gadget saat ini sudah tidak terbatas mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan akibat pengunaan gadget yang sangat berlebihan ini sering sekali disebut “autis”. “Autis” adalah sebuah sebutan untuk seseorang yang sudah terkena candu gadget tersebut. Mulai dari bangun tidur hingga mau tidur pun seseorang yang sudah terkena candu gedget tersebut tidak akan mampu jauh dari benda-benda gadgetnya.

Tentu saja hal tersebut cukup menarik perhatian saya saat ini sebagai contoh salah satu dari pergeseran budaya. Ide tentang ketidakstabilan kebudayaan dan identitas dalam globalisasi membawa kita kepada pemahaman bahwa kebudayaan dan identitas selalu merupakan pertemuan dan percampuran berbagai kebudayan dan identitas yang berbeda-beda.

Jika kita amati satu-persatu pengguna gedget tersebut mereka tidak jauh dari yang namanya dunia maya, seperti facebook,twitter,instagram,dll. Bahkan yang lebih ironisnya lagi adalah seorang anak kecil yang sudah terkena candu gadget tersebut. Sudah cukup banyak kita lihat anak kecil dizaman sekarang ini lebih sering aktif didunia maya dari pada dunia realita. Masa kecil anak-anak yang biasanya dihabiskan untuk bermain dengan teman-temannya, kini sering kita lihat pada anak-anak dizaman sekarang, mereka lebih individualis. Mereka lebih sering berkutat pada gedget yang diberikan oleh kedua orang tua mereka. Tanpa mereka sadari perlahan tapi pasti, mereka sudah meninggalkan dunia realita dimana bermain dengan teman seumurannya diluar rumah, berpetualang, dll. Kini mereka lebih menyukai bermain di dunia maya. Tidak heran, jika kita melihat anak-anak di zaman sekarang ini banyak sekali dari mereka yang memiliki sifat individualis atau kurang mampu berinteraksi dengan dunia sosial.

Nb: Tulisan ini dibuat hanya untuk menyelesaikan tugas kuliah saya tentang memperhatikan sebuah fenomena dari pergeseran budaya.

Semoga bermanfaat.

Anak-Bermain-Gadget index.jpegdddddddd iiiii

dd anak-dan-gadget

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s