Willy sang Musisi Jalanan

ini ceritaku pada saat kelas 3 SMA lalu,  aku menjadi salah satau anggota Peer Counseler katakanlah PMR Kota Bogor, namun kami hanya  fokus di bidang kemanusiaannya saja, tidak seperti PMR, namu setiap anggota Peer counseler tersebit perawakilan dari setiap extrakulikuler PMR SMA se-Kota Bogor.

nahhh..  acara pada waktu itu adalah beteemakan sosial, yakni “Bakti Sosial” .

teknis acaranya kami di bagi beberapa tim, lalu kami berencar mengelilingi beberapa alur yang ada di kota Bogor,  titik awal perjalanannya di mulai dari stasiun kereta api Bogor dan di akhiri taman IPB yang di sebelah Botani Squere.

sambil menyelusuri rute jalan kami memabagikan sedikit sembako dan kami mewawancarai beberapa orang yang kami datangi.

orang – orangnya pun berasal dari banyak suku, dan latar belakang yang berbeda juga.

mulai dari seorang kakek yang tidak memiliki rumah dan hingga akhirnya dia tidur di pinggir jalan dengan beberapa alat sederhananya untuk memperbaiki sepeda orang yang memiliki kerusakan, hingga seorang kakek yang tidur di depan rumah orang , dan beliau memiliki kondisi yang cukup memprihatinkan (sakit – sakit ).

selepas acar tersebut tidak lupa di akhir acara kami berbuka puasa bareng teman- teman pengamen yang biasa mangkal di kota bogor. merea juga bukan hal yang baru  bagi kami, sebab kami sebelumnya sudah sering menemani mereka belajar, hingga bermain. itulah tugas inti kami sebagai peer counseler kota bogor, yg memiliki peran sebegai teman sekaligus kaka bagi mereka para anak- anak jalanan.

singkat ceritaada seorang anak (salah satu daru mereka(pengamen)) yang membuat saya terharu..

berikut ceritannya :

– saya; “nama kamu siapa??? “

–wiily; “nama saya willy,,””

–  saya; “kamu umur berapa tahun?”

–wiily; ” 9 tahun “.

-saya ;-” kamu kenapa mau ngamen,,,???”

—wiily; ” soalnya gag punya uang,,”

–saya ; “lho,,emng orang tua kamu kemana??”

–wiily ; “dari saya kecil, saya tidak pernah berjumpa dengan orang tua saya,, saya tidak pernah melihat mereka…”

-saya ;-” lho???? trus kamu tinggal sama siapa?? diman?a?”

–wiily ; “saya tinggal sama nenek,, ua(paman), ..”

–saya  ; “punya ade,???”

–  wiily ; “punya”

–saya ; “berapa??”

–willy ; “2..”

12928980771148472914

WILLY DAN TEMAN-TEMANNYA,(WILLY=CELAN MERAH SD, BAJU MERAH, )

–saya; “trus ade kamu gman??”

–wiily; ” sama , mereka juga tidak pernah ketemu sama ibu, bpak,,”..

– saya ;”trus,, kamu ngamaen, perhari dapat berapa??”

–”wiily Rp.20.000″

–saya; “trus uangnya buat apa???”

–wiily;” buat bayar uanng sekolah aku sama ade-ade,,”

– saya; ” emng  paman, nenek kamu gag mau biayain kamu sekolah , sama ade-ade,,???”

–wiily ; “buat makan ajah, susah ka,, apalagi buat sekolah,,,, kasihan, nenek,,”

hemm,,,…

sejenak saya terdiam dan merenung..

seorang  bocah bernama willy, berumur 9 tahun,, dia rela ngamen,, demi adik- adiknya…

demi tetap bertahan hidup,, dan saya tak mampu untuk  membayangkan jikalau saya menjadi dia,,

SUBHANALLAH,,

setelah itu saya bertanya sama dia,,

– saya ;”di dunia ini apa yang kamu inginkan???”

—wiily ; ” aku cuma ingin ketemu sama ibu, bapak,,”

-saya ;- “cuma ketemu??”

– -wiily ;”nggak,, aku,, mau bilang kalo aku sayang banget sama mereka…. terus aku mau bilang,, MAMA, PAPA,, I LOVE YOU…. “

Saya berharap dimana pun ke dua orang tua WILLY berada,, semoga dia memilki hati nurani,,,

bahwa,, sebenci- benci apa pun anak,, kepada ke-2 orang tua JAUH DI DALAM HATI KECIL MEREKA TETAP MENCINTAI, DAN MENYAYANGI MEREKA….


1292897418102438359              1292897542132281442

Tinggalkan Balasan

